Konsep Album Lantun Orchestra 

Konsep album Lantun Orchestra kali ini adalah Respon Ruang terhadap kota Jakarta, semua judul lagu terinspirasi dari kejadian sehari-hari yang dialami oleh saya dan (mungkin) masyarakat kota Jakarta pada umumnya. 
Proses pengerjaan album ini dimulai bulan 3 maret 2016 – 1 November 2017. Ada 7 lagu baru/komposisi yang ditulis beserta aransemennya oleh saya. 
Bukan mirip jemuran, tetapi memang itu foto jemuran (desain sampul) , Waktu itu kami ingin menampilkan sesuatu yang menjadi pemandangan umum namun melekat di masyarakat khususnya perumahan yang padat penduduknya. Kadang hal seperti ini luput dari perhatian bahkan mungkin sengaja ditutupi.
Lagu andalan kami adalah warung, pecinan dan kutunggu kau di salemba. Kenapa tiga? Karena ketiga lagu ini ada liriknya dan ada vocalnya,  memudahkan pendengar untuk langsung tahu isi pesan yang ingin disampaikan. Meskipun beberapa respon pendengar banyak juga yang  suka dengan komposisi instrumental seperti Topeng Monyet dan juga Nasi Kuning. Setiap orang memiliki andalan sesuai seleranya sendiri maka itu kami sajikan dengan style yang variatif mulai dari gambang kromong, ballad, Smooth jazz, sampai dangdut. 
Untuk album Lantun Orchestra kali ini, Di lagu Ngibing, menampilkan musisi tamu yaitu Arief Setiadi, seorang pemain saxophone senior yang banyak bergerak di musik Jazz, Juga ada permainan accordion dari Imelda Rosalin di lagu Menjelang Petang. 
Hal paling berkesan dalam pembuatan album ini adalah sesi rekaman yang sangat menyenangkan, karena boleh dikatakan rekaman ini dilakukan secara live di sebuah studio ternama di Jakarta yaitu Art Sound Studio. Ada momen momen dimana kita semua mengalami kondisi tegang karena persiapan latihan yang singkat namun berkat kinerja professional dari berbagai pihak, segala sesuatunya terasa lancar dan efektif 1 hari untuk 1 album.
Melalui album ini, Kami cuma berharap banyaknya perhatian masyarakat untuk tetap mendukung karya-karya dari industry musik kreatif, terutama yang berbau tradisional seperti jenis musik yang kami angkat yakni gambang kromong. Kami mengemas bentuk otentik fusi jazzband dan ensemble gambang kromong maka itu terciptalah bentuk hybrid dari genre musik  yang biasa disebut dengan julukan #betawijazz. Betawi adalah masyarakat Jakarta, Jazz dalam prakteknya adalah fusi; menggabungkan banyak elemen musik sehingga menghasilkan sebuah karya baru yang segar ditelinga .
Chaka Priambudi

#20171102

__________________________________________

 iTunes

https://itunes.apple.com/id/album/lantun-orchestra/id1297856778

Spotify

Deezer

http://www.deezer.com/album/50180152

Instagram

Facebook

https://www.facebook.com/LantunOrchestra/

Twitter

https://mobile.twitter.com/lantunorchestra?lang=en

Youtube

Soundcloud

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s