Penting Nggak Sih Rilisan Fisik seperti CD/Vinyl Di Era Digital Saat Ini?

Jaman sekarang para penikmat musik banyak sekali yang mendengar lagu lewat jasa streaming di spotify/itunes, di jaman yang serba digital sekarang ini sepertinya merilis album fisik jadi tantangan tersendiri.

Biaya produksi yang ‘lumayan’ besar, kadang bikin kita berpikir ulang untuk merilis CD. Sebab belum tentu setelah jadi album akan berbanding lurus dengan angka penjualan.

Bisnis ya bisnis, kesenian ya kesenian. Tapi kalau bisnis musiknya gak jalan, mana bisa berkesenian. Kan bayar listrik studio tetap pakai uang, bukan modal gratisan karena pertemanan. Apalagi vendor printing, bisa diusir kita kalau mau ngutang hahaha.

Beruntunglah para band indie masih bisa titip jual di beberapa toko CD yang masih ‘bertahan’ menjual rilisan fisik diantaranya adalah gerai-gerai yang yang bekerjasama dengan record label demajors, kebetulan album kami juga titip edar disana (promosi).

Konon beberapa diantara pendengar musik sudah tidak punya CD ROM di laptopnya bahkan di dashboard mobil pun sudah berubah ke model USB. Entah CD player di rumah masih idup atau sudah rusak.

Kami sih masih yakin pasti selalu ada pecinta rilisan fisik, karena memang kualitas musik dari CD tentunya lebih bagus dibanding dengar di radio/streaming.

Namun, kami ingin tahu respon dari teman-teman penikmat musik, bagaimana supaya rilisan fisik ini tetap efektif di masa yang akan datang.

Kami tunggu responnya di Instagram kami ya. Terima kasih.

https://instagram.com/lantunorchestra?igshid=11b17yissx94m

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s