Ondel-ondel (part 1) Ikon kota Jakarta

Wahai jakartans! Kamu sering nggak sih lihat ondel-ondel keliling? Ya mungkin ini bukan fenomena baru sih di lingkungan kita. Baik di gang-gang, di komplek perumahan, sampai di pinggir jalan cikini juga banyak yang lewat tiap habis maghrib.

Orkes pengiringnya juga masih ada yang lengkap pakai gendang yang dimainkan oleh dua orang, ada yang gesek tehyan buat mainin melodinya, ada yang mentung gong sambil gotongan berdua, ada juga bawa kantong kresek buat “nodong” duit receh pada siapa saja yang mereka lewati.

Belum lama ini saya juga lihat di beberapa tempat, ada jenis orkes pengiring ondel-ondel cuma dorong gerobak yang bawa pengeras suara. Di gerobak itu ada semacam MP3 player yang muterin kumpulan lagu-lagu gambang kromong dan beberapa lagu alm. Benyamin Sueb.

Berisik? Sudah pasti, Kita nggak tahu berapa desibel suara TOA di gerobak tersebut, yang jelas tiap mereka lewat pasti kedengeran satu RT. Belum lagi suara gesekan tehyan yang perih, beneran perih karena kuenceng banget volumenya, belum lagi falsnya.

Nah gak tau nih menurut pembaca, Kalau sependengaran saya sih selain repertoire klasik seperti sirih kuning dan kicir-kicir, mereka banyak banget memasukan lagu-lagu baru khususnya pop dan dangdut dalam permainan orkes keliling ini, misalnya lagu apa tuh yang ada lirik ‘merasukimu’-nya.

Sebagai warga yang budiman, tentunya setiap orang punya harapan tersendiri terhadap ikon kota jakarta yang satu ini. Kita butuh suara kamu! Suara orang jakarta, bagaimana agar ikon kota jakarta yang satu ini tetap lestari.

Ditulis Oleh Chaka Priambudi

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s